Monday 24 December 2012

cheating / peer-selingkuhan


Gw inget salah satu temen gw yg kerja sebagai suster rumah sakit sekaligus psikolog cinta pernah bilang ke gw. dia bilang "mun hubungan cinto idak katek begoco ato slingkuh ato ngeceng uwong lain itu aneh namonyo". 

Jadi maksud tmn gw ini, kalau hubungan asmara tidak ada berantem atau selingkuh atau ngeceng orang lain itu bukanlah hubungan asmara yang baik, tapi hubungan asmara yang tidak baik. Ya gw cukup setuju, karena dengan berantem atau selingkuh atau apalah secara tidak langsung orang dapat melihat bagaimana tingkat keseriusan dan kesetiaan pasangannya.

Ok disini gw bakal bahas salah satu jenis distorsi asmara yakni perselingkuhan. Pertama - tama gw telaah dulu apa arti dari selingkuh.

Selingkuh atau bahasa inggrisnya cheating mengacu pada pelanggaran terhadap suatu hubungan asmara. Selingkuh bisa dibagi menjadi 2 jenis, selingkuh fisik, dan selingkuh batin. Selingkuh fisik itu contohnya melakukan hubungan seksual, dan hubungan fisik lainnya dengan orang diluar hubungan asmara yang sedang dijalani., sementara selingkuh batin lebih cenderung berbau perasaan, misalnya lebih peduli, lebih sering menghabiskan waktu dengan orang diluar hubungan asmara yang sedang dijalani. selingkuh ini termasuk distorsi asmara karena dapat merenggangkan asmara atau lebih parah memutuskan hubungan asmara.

Gw melakukan simple survey dari beberapa orang terdiri atas cewek dan cowok, dengan jangkauan umur 20 - 25thn. Koresponden ini memiliki hubungan asmara yang unik, seperti ada yg masih jomblo, ada yg udah tunangan, ada yg homoseksual (gay & lesbian). toh hubungan asmara bisa berbagai jenis kan sekarang - sekarang. Ini rangkumannya :

***Q : Definisi selingkuh mnurut lu ?
========================
>> Cewek1 : Ketika salah satu pasangan 'melanggar' komitmen yang telah disepakati, yaitu tidak berada pada 1 hubungan (multi relationship)
Komen : ini contoh orang yang siap nikah. hampir sama dengan definisi wikipedia. wow amazing.
>> Cewek2 : perbuatan tercela & ingkar
Komen : habis baca buku pkn kyknya ini orang.
>> Cewek3 : buka hubungan dengan orang lain selain pacarnya.
Komen : istilah lainnya buka cabang. hahahaha
>> Cewek4 : share cinta dan sex ke orang lain
Komen : *hening*
>> Cowok1 : cheating.
Komen : WE KNOW !
>> Cowok2 : seseorang yg mengingkari komiten terhadap pasangannya
Komen : komitmen maksdnya ya. komiten mah di jawa.
>> Cowok3 : selingkuh itu "close" (verbal maupun secara intim) with another while you have relationship with others.
Komen : disini objeknya manusia. hewan tidak termasuk.
>> Cowok4 : Menurut Wikipedia, perselingkuhan adalah hubungan antara individu baik laki-laki maupun perempuan yang sudah menikah ataupun yang belum menikah dengan orang lain yang bukan pasangannya. Coba kita tarik kata terakhir di kalimat tersebut. Pasangan. Definisi pasangan menurut kamus bahasa indonesia adalah yang merupakan pelengkap bagi yang lain. Lalu jika individu yang bersamanya secara fisik namun tidak merasa saling melengkapi apakah bisa disebut dengan pasangan?
Komen : *amazing keprokkeprok*

***Q: Alasan selingkuh menurut lu ?
========================
>> Cewek1 : Emang pada dasarnya dia ga bisa cuma hanya 1 pasangan, trus Dikecewakan atau jenuh sama pasangan tapi ga bisa memutuskan untuk mengakhiri hubungan, atau Buat main-main aja
>> Cewek2 : bosen, ga puas
>> Cewek3 : Bosan. Cari kekurangan dari pasangan yang ada jadi ada alasan putus. atau cari PELAMPIASAN BELAKA. 
>> Cewek4 : emang gatel orangnya. pengen nyobain berbagai macam jenis orang. bosen juga ya bisa lah.
>> Cowok1 : selingkuh itu hanya selingan ajah. gw jg suka selingkuh kok kalo bosen... hahahahaha. hati mah tetep ke do'i.. tapi karena itu jd banyak masalah.. hahaha..
>> Cowok2 : Kebanyakan alasannya sih bosen. Ada jg yg kurang perhatian lah. Ga tahan ama pasangannya lah.
>> Cowok3 : IMO yaaa, mostly yaa bosen sih.
>> Cowok4 : alesannya karna kurang puas ama pasangan yg pertama... sexually maybe

***Q: Misalnya lu deket sama si A, dan ternyata si A udh punya pacar, dan lu baru sadar ternyata lu itu selingkuhan si A. apa yang bakal lu lakuin ?
========================
>> Cewek1 : Ditegasin hubungannya, lanjut ato ngga. Tapi lebih ke mutusin hubungan. Karna ak g mau diselingkuhin, jadi ga mau coba2 selingkuh :D
Kalo konteks dia udah nikah Tapi ngakunya dia masih bujangan: Ditegasin untuk di udahin. Ga tau malu pisan kalo ganggu hubungan suami istri mah.
Ngaku udah nikah, tapi mau mendua: Langsung menolak buat jadi selingkuhan.
>> Cewek2 : merasa berdosa
>> Cewek3 : klarifikasi. ehtapi klo ketemuan, jalan, sama makan dg pacar orang bukan selingkuh kan ?
>> Cewek4 : kabur. daripada ribet.
>> Cowok1 : hahaha gw aja pernah jadi selingkuhan orang yg udah nikah
>> Cowok2 : No selingkuhan di kamus urg mah
>> Cowok3 : harus tau konsekuensi nya sih, kalau selingkuh yaa memang cuma sebatas "selingkuhan", just for fun, jadi harus tau kapan harus mundur. ga boleh mengharap lebih :D
>> Cowok4 : klo jadi selingkuhannya baru tau setelah jalan, pasti cabut...
nah tapi klo dari awal mau ngejalanin hubungan udh blng klo gw itu bakal jadi selingkuhan, itu baru pikir", timbang" untung ruginya....

***Q: misalkan pacar lu selingkuh, apa yang bakal lu lakuin ?
========================
>> Cewek1: Ngobrol sama pasangan, kenapa dia bisa kaya gitu.
Cari akar masalah, apakak ada karna ak cuek n selalu mengecewakan dia makanya dia selingkuh. Kalo emang kaya gitu, berarti kesalahan d aku. Aku minta dia udahan sama selingkuhan itu n minta memperbaiki hubungan.
Tapi kalo emang dari sisi kita udah on track, dianya aja yang idung belang. ak prefer menyudahkan hubungan.
>> Cewek2 : merasa dikhianati dan sakit hati. trus mewek
>> Cewek3 : putus. wasting time gw aja.
>> Cewek4 : break bukan putus. suruh dia mikir mana yg dia pilih. klo dia pilih orang lain ya mampus nyesel dia ninggalin gw.
>> Cowok1 : kalo si doi yang selingkuh dan alasannya apa itu mah terserah dia. berarti ada yg gag beres di gw nya.. lagipula hubungan kayak gini jgn terlalu di anggap serius deh,, anggap ajah lo bisa baik ke org org akan baik ke elu.. ya pasti gw mundur, gag mau cari masalah masih banyak kok yang lebih baik hahaha ya tinggal pilih, gw atau dia. semua org berhak tentukan pilihannya.. ya gak.? berarti ada yang kurang dari gw, dan qta blm cocok kalo sakit hati sih pasti ada... kalo gw lebih mending sakit hati jelas2 dari pada sakit hati yang gag jelas..
>> Cowok2 : Klo diselingkuhin,bakalan nanya alesanya knp. Klo gamau bilang ato jawabannya abstrak yg ga beralasan. Mending tinggalin aja deh
>> Cowok3 : hmmm kalau jadi selingkuhan? tanya dia mau pilih siapa.
>> Cowok4 : klo diselingkuhin, ga mngkin cabut begitu aj juga sih…, kayanya nyuruh dianya buat milih deh…. marah" berharap dia milih gw. HAHAHAHA

Dari sudut pandang beberapa orang di atas dengan beberapa jenis hubungan asmara, dapat gw simpulkan bahwa :
>>> selingkuh atau cheating adalah melanggar komitmen hubungan asmara.
hampir 100% koresponden setuju jika selingkuh itu merupakan bentuk pelanggaran dari hubungan asmara yang telah dirajut sebelumnya.
>>> alasan selingkuh : bosan.
sama halnya dengan poin sebelumnya, 100% koresponden setuju alasan terbesar dari perselingkuhan adalah bosan. Adanya ketidakpuasan dari pasangan, terutama dari sisi seksual menjadi alasan lain buat beberapa koresponden terutama hubungan asmara yang spesial.
>>> Action klo jadi selingkuhan dan diselingkuhi : klarifikasi, dan pilih.
nah untuk poin ini, hanya 70% koresponden yang akan melakukan klarifikasi terlebih dahulu terhadap pasangan sebelum memutuskan bagaimana kelanjutan hubungan asmara mereka.

Terakhir, sebagai orang yang pernah diselingkuhin, ya gw kasih sedikit wejangan buat siapapun itu dengan hubungan asmara jenis apapun :
*** sebenarnya selingkuh itu wajar. namun, kita kudu bener2 harus bisa pastiin dan yakinkan bahwa pasangan kita harus LEBIH fokus ke kita drpada ke orang lain. apabila pasangan tidak bisa fokus, ya artinya hubungan asmara kita udah tidak bernyawa lagi.

*** Pentingnya komunikasi. komunikasi fisik dan verbal, frekuensi bertemu, ngobrol, dan direct touch sangat penting dalam hubungan asmara. Sebagai pasangan, ada baiknya kita terbuka satu sama lain mengenai apapun, mau selingkuhan atau kecengan atau apalah. no things to hide, and everything to share together.

*** Perbaiki diri dan Percaya diri. Well, setiap tindakan pasti ada alasannya as people said. sama halnya dengan selingkuh. menurut gw, Pasangan tidak akan selingkuh apabila kita udah memenuhi standar dia. tapi ya namanya manusia, kgk sempurna dan kgk pernah puas. so klo apa yang kita punya tidak memenuhi standar pasangan ya buat apa lagi dipertahankan. so biarkan dia pergi dengan selingkuhannya, dan biarkan dia menyesal telah melepas orang yang awesome dan oke ini. 


Well sekian lah artikel dengan tema perselingkuhan. gw angkat tema ini karena lagi banyak kasus perselingkuhan yang terjadi di sekitar gw. Selalu inget, banyak ikan di laut tapi banyak nelayan yang cari ikan di laut. So yang udah punya pasangan, yo bersyukur dan terus dijaga pasangannya krn cari pasangan sekarang ini susah. yg cowok bnyak gay, yg cewek krn bnyk cowok gay jadi lesbi, dan lagi bnyk petualang. 

Artikel ini cuma iseng aja, kgk ada kerjaan, dan mumpung lagi mood nulis2 masalah bginian. many sorry klo ada yg tidak berkenan atau out of logic yang membuat lu berkata "bullshit" dan big thanks buat koresponden yang udah kasih waktu buat mikir dan share pengalamannya. nantikan artikel berikutnya. 

Adios. 
Gracias muchas.

No comments:

Post a Comment