Monday 24 December 2012

ngeceng cuy

ngeceng. ah gw yakin kata ini kgk asing di telinga. well gw iseng tanya2 beberapa orang, dan jawaban nya beda - beda. ada yg bilang ngeceng itu lirik-lirik orang (?), jalan - jalan ke mall (?), jalan - jalan ke mall sambil lirik2 tapi mall ajah ngga yg lain (?), dan macem-macem. ok disini gw akan jabarkan beberapa pendapat koresponden talkingIntrovert mengenai ngeceng. dan ntar di akhir gw simpulin apa sih ngeceng itu sebenernya. 



First kita ke definisi resmi dulu. 

ngeceng atau mengeceng atau melakukan kecengan adalah suatu kata kerja *yes*, yg menurut Kamus besar bahasa indonesia + kamus besar bahasa gaul indonesia berarti menjual tampang.



wah kesannya gimana yak jual tampang. jadi menurut definisi resmi, ngeceng itu semua tentang promosi muka ke orang lain. true ? apa kata koresponden ? ini rangkumannya :



Q: Status anda ? Single/attached/married ?

====
Cewek1: Kgk ada opsi in a relationship ? tolol ih.
Cewek2: 22 f attached
Cewek3: Single
Cewek4: lagi pdkt. wahahahahaha
Cowok1: attached
Cowok2: baru aja double. belum ada sebulan
Cowok3: Single
Cowok4: married


Q: tau arti ngeceng ? apa artinya mnurut lu ?

====
Cewek1: Ngeceng adalah ngegebet, nyirian orang karena tertarik, naksir sesaat
Cewek2: ngeceng adalah suatu bentuk suka-sukaan sama seseorang tanpa ada niat untuk 'macarin' atau 'serius', tanpa ada niat hati terpantol terlalu jauh :D
Cewek3: ngeceng adalah memerhatikan seseorang yg dirasa menarik perhatian
Cewek4: lirik-lirik orang supaya dia ngliatin gw.
Cowok1: meratiin orang yang pantes buat diperatiin karena menarik di mata gw
Cowok2: ishh gw ajah masih ambigu. gada pengalaman gw disini.. lebih sering di kecengin daripada ngeceng.. hahahaha
Cowok3: ngeceng itu imo, nongkrong sambil nggodain org yg lewat :))
Cowok4: tau, ngeceng=membidik. 


Q: menurut KBBI, ngeceng itu jual tampang. setuju kgk ? knp?

====
Cewek1: ga, ngeceng itu memilih...ngeceng ini, ngeceng itu
Cewek2: iah setuju, karna tujuannya buat asik2an doang. cuci mata lah istilahna. ga pake hati. jadi ya liat tampang duluan 
Cewek3: kgk. karena ngeceng itu sesuatu yang spontan
Cewek4: kesannya kyk pelacur. kgk setuju. ngeceng itu promosi kecantikan gw, not for sale. 
Cowok1: serius itu artinya. tolol. kgk setuju ! krn gw cuma nunjukin ke orang2 gw ini gantengnya ganteng. itu!
Cowok2: **no comment**
Cowok3: setuju sih, yg tampangnya paling bagus, biasanya yg ngecengnya paling berhasil :p
Cowok4: jawaban gue ngga juga, karena gue ga pernah beli tampang


Q: Suka ngeceng orang lain kgk ? klo ngeceng orang lain, apa yg diliat ?

====
Cewek1: Suka. Muka DAN sifat.
Cewek2: Bingung jawabnya kalo suka atau ngga, tapi yang jelas pernah...
Tergantung, kalo nemu orang baru yang diliat fisik. Ngeceng badannya n kadang ngebayangin kl cowo gw yang kaya gitu :)) *biasanya ngeceng fisik tuh karena dia tipikal kita bgt (ngayal dikit lah gpp krna jarang nemu yang tipikal bgt). Tapi kadang ngeceng karna suaranya bagus, ya macem-macem. Random pokonya, karna buat main2, yang asal asik dan ga berlebihan.
Cewek3: kadang, krn gw cuma bisa ngeceng klo lg diem n sndirian, dimanapun gw bs ngeceng. yg bisa diliat biasanya fisik dlu, udah gitu gerak geriknya, yg trakhir cr dia ngomong
Cewek4: ya donk suka. yg diliat itu jelas looks. outter beauty.
Cowok1: suka. wajar manusia. yg bisa diliat sama mata. bentuk idung, mata, badan, tampilan, dsb dsb. mata duluan lah intinya.
Cowok2: ya suka ajah ngeceng begitu..nih lagi ngecengin org.. hahahah *u know lah.. kalo apa yg di liat ada lah, fantasy org beda2. wkakak :p
Cowok3: suka sih, tp lbh ke virtually, di social media, flirting2 sm org lain
Cowok4: suka, mukanya 


Q: tujuan ngeceng itu apaan ?

====
Cewek1: Having fun aja kalo di jalan kena macet XD
Cewek2: Buat suka-sukaan doang, main-main doang. Ga di ambil hati terlalu jauh dari semua sikap2nya.
Cewek3: tujuannya ya aaklo dlu lbh ke ngarep bs jadi pacar klo skrg cuma hiburan
Cewek4: pertama fun doank. bisa jadi cadangan ya maybe. hahaha kidding. at least deket. luamayan nambah kenalan
Cowok1: iseng. kadang sengaja, biar org2 pada aware bagusnya gw gimana.
Cowok2: tujuan ngeceng, ya gak ada. makin banyak ngeceng makin pusing.. kalo gw sih gitu
Cowok3: tujuan buat bercanda aja sih, nothing serious :p
Cowok4: ga bertujuan, soalnya tiba2 dihadapan saya 


Q: klo udh punya pasangan, boleh ngeceng kgk ? knp ?

====
Cewek1: Boleh. Kan aku ngeceng itu karena tertarik sesaat. Wajar. Dan although I'm in a relationship, it doesn't mean I'm belong to him fully.
Cewek2: Boleh aja, cuci mata dikit (kl ak pribadi sama psngan sk bilang lagi 'tertarik' ato ngeceng siapa. Jadi biar ga ada prasaka di antara kita :D). Lagian buat main-main doang n ga d seriusin. Yang di keceng pokonya jangan sampe tau aja. Dan yang jelas 1, ga boleh pake hati :P Kalo udah sampe terlalu jauh ngecengnya, kaya smsn ato bbm-an ato komunikasi gitu. Itu perlu di stop, karena udah di luar lingkup ngeceng itu mah...
Cewek3: boleh, asal jgn ujung2nya jadi selingkuh
Cewek4: boleh aja tapi liat dulu komitmen diawal gmn. tapi ngeceng hak azazi bukannya? harusnya mslh sih.
Cowok1: ya sah-sah aja. asal jgn didepan mata gw aja. 
Cowok2: kalo dah punya pasangan, ya ngeceng boleh aja sapa tau dari ngeceng bisa jadi cepek ceng, hahahaha :D
Cowok3: boleeh aja, asal tau batasannya, jgn diseriusin dan ditindaklanjutin juga kecengannya hahahaha
Cowok4: boleh, karena mata diciptakan untuk melihat 



koresponden kali ini cukup beragam status hubungan asmaranya, ada yang single, lagi pedekate, pacaran, tunangan, dan udah nikah. Dari jawaban mereka, bisa diliat gimana pola pikir masing2 orang ya toh. dan seperti biasa koresponden gw ini ada yg hetero, bi, dan homo. jadi lebih berwarna, isnt it ?! 




OK here's da recap :

- Definisi Ngeceng : Ngeceng itu dapat diartikan sebagai kegiatan memerhatikan orang lain
- Setuju dengan definisi KBBI : 50% setuju | 50% Tidak Setuju
- Tujuan Ngeceng : Fun
- Objek ngeceng yang diliat : Fisik
- Perilaku ngeceng : Suka ngeceng
- Larangan ngeceng untuk pasangan: Tidak melarang


OK I could have agreed more this time tentang semua pendapat koresponden mengenai ngeceng. 



- in my personal introvert opinion, ngeceng itu adalah memerhatikan orang yang menarik perhatian kita secara personal, dan tentunya hal pertama yang dilihat adalah penampilan serta fisik. 

- Dari pengalaman gw, ngeceng itu dilakukan secara spontan karena seringnya orang yang menarik perhatian kita, datang tanpa diduga. bisa pas lagi ngantri nunggu bus, atau di dalem bus yang rame, atau lagi beli gorengan di depan kosan, atau di mall. bahkan pas lagi buka facebook atau twitter ada yang bisa dikeceng. true ? :DD
- Tujuan ngeceng menurut gw adalah mengagumi keindahan makhluk Tuhan dan mengikuti respon mata dan otak. HAHAHA. ya intinya ngeceng itu ya cuma liat, wah ganteng, wah cantik, wah lucu, wah cute, jadi pengen liat lagi lagi dan lagi, dan selesai. Ya tapi beberapa kasus yang gw pernah liat, ngeceng ini bisa jadi cikal bakal cipratan cinta. ya makanya ada lagu love at the first sight juga. sama seperti salah satu komen koresponden, ngeceng bisa aje jadi pedekate dan keluar boundaries ngeceng. misal sehabis liat2an, lalu 
tukeran pinbb dan seterusnya seterusnya.
- Untuk larangan, ya gw personally kgk ngelarang. ngeceng itu sah - sah aja. back to definition, ngeceng kan bentuk pengaguman terhadap keindahan makhluk Tuhan. ya kenapa toh dilarang. itu hak segala manusia. cuma ya mungkin manner dari ngeceng itu sendiri bisa dijaga jangan lebai bin lebai.



In conclusion, Sah-sah aja sih kita ngeceng. Ciptaan Tuhan itu banyak yang indah dan deserved buat diliat setiap hari ;) 



muchas gracias.

No comments:

Post a Comment