Monday 11 February 2013

Wisata Jakarta Utara (bag. 1)

Jakarta Utara, haaa buat sebagian orang mungkin hal yang pertama terlintas adalah Ancol. Beberapa mungkin bisa nyebutin Jauh, Macet, Banjir, dan Banyak Kontainer. Haa that's true. Jakarta Utara emang terkenal dengan ancol, langganan banjir, dan banyak kontainer lalu lalang. Tapi Jakarta Utara punya beberapa hal keren yang mungkin orang - orang g tau. Apaan itu ? yuk simakin post review si talking introvert ini setelah menjelajah beberapa daerah di Jakarta Utara.

Intermezo Jakarta Utara
Jakarta Utara adalah satu bagian wilayah administratif dari provinsi DKI Jakarta. Ya sesuai dengan namanya ya, Jakarta Utara artinya Jakarta bagian Utara. Wilayah Jakarta Utara terbentang dari Cilincing di paling Timur, Tanjung Priok di paling Utara, Kelapa gading di paling Selatan, dan Pluit di paling Barat. 


Berdasarkan sejarah nih, Jakarta Utara pada abad ke 5 justru merupakan pusat pertumbuhan pemerintah kota Jakarta yg tepatnya terletak dimuara sungai Ciliwung di daerah Angke. Karena Jakarta Utara merupakan pintu masuk dari perdagangan Laut. Ya maklum, di Jakarta Utara ada Pelabuhan Tanjung Priok, dan juga sungai angke yang dulu merupakan jalur perdagangan ke Jakarta kota.


Ada Apa di Jakarta Utara
Well, klo nanya ada apa ? ya ada macem2. Ada orang, rumah, gedung, mall, dan sebagainya. Jakarta Utara bisa gw bilang terbagi menjadi beberapa bagian yakni wilayah Hiburan, wilayah Pabrik, wilayah Perumahan, dan wilayah Perdagangan. Wilayah Hiburan ada di daerah Gading, Mangga Dua, dan Ancol. Wilayah pabrik ada di cilincing dan sunter. Wilayah Perumahan tersebar di Koja, dan kawasan elite Pluit, dan Wilayah Perdagangan di Tanjung Priok.

Wisata Jakarta Utara
Pada Awalnya sama kyk yg lain, gw taunya Ancol doank. Hahaha, sampe suatu ketika gw dipindahin kantor dari Sudirman ke Sunter, Jakarta Utara. Sejak dipindahin gw agak sedikit tau gimana sih Jakarta Utara sebenarnya. Jakarta Utara memang terkenal dengan macetnya. Macet banget, terutama di wilayah Gading, Yos Sudarso dan Plumpang Enggano sono. Udah mah banyak truk gede, trontor, dan kontainer lalu lalang, tambah lagi bus transjakarta wah makin ramai itu jalanan. Selain macet, debu dan bau nyengat dari selokan hasil pabrik juga bikin stress sendiri. Belum lagi klo musim hujan, wilayah Jakarta Utara ini rawan bener banjir. Banjir karena selokan meluap, trus banjir karena air laut pasang. watir ya. Ternyata di balik macet, dan banjir, dan hal - hal annoying lainnya, ternyata Jakarta Utara punya wisata yang menarik dan unik yang kaga ada di wilayah Jakarta Lainnya *keprok keprok*..

Well, gw coba menjelajah Jakarta Utara waktu itu. gw cabut dari kosan gw di Kuningan menuju wilayah Jakarta Utara dan muter - muter ke spot menarik yang gw temui di situs utara.jakarta.go.id .. oh ya selain itu, gw juga pernah liat promo terselubung wisata Jakarta Utara di salah satu beton penyangga di bawah flyover Cempaka Mas. monggo dicek klo lewat yak.


1. Lunch di Gading Boulevard
Gading, Kepala Gading, dan Gading. ya itu lah. Beberapa orang tau Gading pasti karena MOI nya. yes MOI, MAG, MKG, dan Gading Boulevard merupakan tempat yang menarik di wilayah Gading. MOI atau Mall of Indonesia, ini salah satu mall paling kece di Jakarta. Udah gede, dingin, foodcourt nya menarik, dan asik aja. Selain itu jangan lupain Mall Kelapa Gading yang gede bener.


Well kmrn gw kaga ke mall - mall ini, karena gw mau cari something unik. Gw kemana donk ? gw kmrn ke Gading Boulevard buat cari makan siang. Gading Boulevard merupakan jalan protokol wilayah Gading. Di sini, kita bisa liat banyak restoran di kiri dan kanan jalan, dari segala macam daerah dan jenis. dari restoran cina, jepang, sampe ke blora, palembang, dan sulawesi pun ada. Setelah muter - muter, akhirnya gw tertarik ke salah satu restoran Palembang. Disini gw makan pempek kulit yang ohmigod osom ! dan pindang palembang yang asam dan yummy banget lah, dan model palembang yg gurih, wah banget rasanya dengan harga yang cukup terjangkau.


Bosen sama makanan yang itu, dan itu, dan itu aja ? cobain ke Gading Boulevard. Disini banyak pilihan makanan yang menarik dan cukup terjangkau. Oopss caution buat yg muslim, jangan lupa nanyain Halal atau tidak nya yak.



2. Mampir di Danau Sunter
Sunter wilayah pabrik. eaa emang. klo lu peratiin, sunter itu penuh dengan pabrik. Pabrik mobil seperti Toyota, Honda, sampe ke jel rambut mandom, pulpen pilot, dan sebagainya. Klo ada pabrik pastinya banyak kontainer disini cuyyyy. so yang bawa kendaraan kudu ati - ati di jalan.


Well tmpat yang gw tuju bukan pabrik loh. lagian gw udh tiap hari ke pabrik (maklum kerja di perusahaan mobil). Gw menuju ke Danau Sunter. Danau Sunter merupakan waduk buatan yang tujuannya buat nampung debit air yang berlebihan klo misal air laut pasang (katanya). Yak hal pertama yang gw liat adalah sebuah danau, yang rame, banyak pohon teduh di pinggirnya, dan banyak orang rekreasi disana. Wah cukup surprise gw, karena kebayang gw danau sunter cuma semacem waduk buatan yang sepi dan gitu-gitu aja. cukup kaget karena ada wahana air yang disewain di pinggir danau seperti bebek air dan alat pancing. 


Nah kemudian pas gw jalan lagi, masih di danau sunter, mata gw tertuju di sebuah lahan kecil mirip pulau di tengah danau. lahan itu isinya sampah, dan pohon pisang. Karena penasaran gw akhirnya nanya ke salah satu pemancing yang lagi asik mancing. beliau bilang itu pulau setan, karena banyak hantu dan jin di buang di botol di pulau itu. Kadang klo sore atau malam suka ada hantu yang muncul dan suka ada yang nangis dan cekikikan disana. wow that;s new. bener kah bgitu ? i dont know. yang pasti lahan/pulau itu emang agak spooky klo diliat dari pinggir.


----------------------------------------
>> bersambung ke bagian 2 >>>>>

1 comment:

  1. adu ayam indonesia Terbaik & Terlengkap!
    Tersedia Taruhan S128 | SV388 | KUNGFU Chicken
    Bonus 10% Deposit Member Baru / Cashback 5 - 10% Setiap Minggu
    Daftar >> Deposit >> Withdraw Sekarang Juga Di Website www.bolavita88.com
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    WA: +628122222995
    Telegram : @bolavitacc

    ReplyDelete