Saturday 16 February 2013

Wisata Jakarta Utara (bag. 2)


INTRO
Well, gw coba menjelajah Jakarta Utara waktu itu. gw cabut dari kosan gw di Kuningan menuju wilayah Jakarta Utara dan muter - muter ke spot menarik yang gw temui di situs utara.jakarta.go.id .. oh ya selain itu, gw juga pernah liat promo terselubung wisata Jakarta Utara di salah satu beton penyangga di bawah flyover Cempaka Mas. monggo dicek klo lewat yak.

(Sambungan Bagian 1)
......................

3. Visit Museum: Museum Bahari
Tempat berikutnya yang gw tuju adalah Museum Bahari. Salah satu Musem yang ada di Jakarta Utara, tepatnya di wilayah Penjaringan. Museum Bahari ini deket banget dengan Pelabuhan Sunda Kelapa dan deket banget dengan Kota Tua. 

Well pas ke museum ini, hal pertama yang gw liat adalah eksotis. Museumnya jadul banget. Dingin putih pucet, kusam, plus dinding kayu yang reot, dan Tulisan Musem Bahari yang agak mengelupas. Selain itu, gw jamin beberapa orang yang mau ke Museum Bahari bakalan bingung DIMANA PINTU MASUKNYA. karena pintu masuknya itu kaga terlihat jelas. Trus parkiran motor dan mobil juga kaga ada dan kita perlu parkir di sisi jalan yang deket sama pasar basah yang posisinya di seberang museum.

Well, setelah parkir sembrono plus kunci gembok ini anu (karena di pinggir jalan dan kurang safety), akhirnya masuk lah ke museum. Ada 2 mba penjaga dan 2 satpam yang jaga di pintu masuk. HTM buat Museum Bahari adalah 2000 rupiah per orang.

Museum Bahari merupakan museum sejarah kelautan yang berisi pernak pernik sejarah kelautan yang ada di Jakarta, khususnya di pelabuhan sunda kelapa. Museum ini terdiri dari 3 bagian dan 2 lantai. Nah menariknya, museum ini pernah masuk di acara uji nyali Dunia Lain. hahaha osom right. 

Pas gw dateng ke museum ini, museumnya lagi dibenerin jadi banyak banget koleksi museum yang kaga ditampilin (sadly). Kemudian beberapa pekerja lalu lalang dan banyak alat konstruksi di bagian museum yang bikin feel museum dan spooky nya ilang (bahhh...). Gw muter-muter disini cuma 10 menit karena ya bisa gw bilang museum ini kurang begitu menarik. Display koleksi seadanya, minim informasi, minim tanda/sign, dan ya garing lah. 



Ada seorang wisatawan asing yang dateng di museum ini dan dia sangat sangat kecewa. Dari semua koleksi yang ada, hal yang menarik perhatian gw adalah kemudi dan kompas gede yang di display di lantai 2. Trus ada tangga yang melinggar dan miring 30 derajat yang bikin puyeng kalo turun pake tangga ini. 


4. Nongkrong di Pelabuhan Sunda Kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa yang pasti familiar lah di telinga. Ya lah dari SD udah dijejelin sejarah kerajaan Tarumanegara dan sebagainya, dimana ini pelabuhan merupakan bandar besar yang ada di batavia. 


Pelabuhan Sunda Kelapa letaknya deket bener dengan Museum bahari, sebelah sebelahan lah, dan gw yakin yg mau kesini pasti kaga bakalan nyasar. Tulisan gede Pelabuhan Sunda Kelapa di gapura depan plus banyak kapal di pinggirnya itu tanda klo kita udah ada di pelabuhan bongkar buat jakarta ini.


Nah untuk masuk ke dalem pelabuhan sunda kelapa, kita cuma bayar biaya parkir/masuk cuma Rp 2000 saja, dan voila lu bisa muter2 tuh di dalem pelabuhan. Tapi ...... sekali lagi gw kecewa berat. Ekspektasi gw, pelabuhan sunda kelapa yang jadi salah satu ikon wisata Jakarta Utara itu bakalan wah dan enak buat jalan - jalan dan foto2, ternyata tidak. Pas masuk kita cuma bakal liat jalan besar, banyak debu, banyak lubang, bau kecap dan bahan baku lainnya, kapal - kapal barang tradisional di pinggir dan banyak pelaut yang lagi nyantei, bongkar muat, sama cuci kapalnya. Selesai. Just that ? ah sadly yes. 

Pelabuhan Sunda Kelapa ya cuma sekedar pelabuhan aja. Kapal nurunin muatan dan kegiatan lainnya. Poin yang menurut gw menarik disini cuma kapal yang bersandar di pelabuhan cukup unik dan sangat tradisional. Sisanya ? kaga ada yg bisa diliat. Kaga ada tempat buat duduk - duduk atau nyantai, kaga ada tempat buat parkir motor, dan kaga ada informasi/sejarah tentang pelabuhan sunda kelapa. well ekspektasi gw terlalu besar kyknya. 

Gw ngabisin waktu kurang dari 10 menit disini, karena it is so boring. gw cuma ambil beberapa foto kapal dan pelaut yang lagi bersih2 kapal minta difotoin (errr...). Gw kesini pas jam 3 sore dan suasananya terik panas dan pengap (ugh).. mungkin klo rada sorean enak kali kesini (i bet), but dont know lah. Yang pasti gw kurang begitu nyaman di pelabuhan ini. seriously, it is just common fort.



5. Ngadem di Taman Margasatwa Muara Angke
setelah ketempat yang cukup mengecewakan (museum bahari dan pelabuhan sunda kelapa), akhirnya gw lanjut lagi ke next destination. gw jalan ke arah barat menuju wilayah pluit, penjaringan, angke. Di tengah jalan gw sempet mampir di pinggir salah satu bangunan megah di daerah pluit yakni mall Pluit Village, yang bener - bener gede, plus gw sempet liat waduk Pluit dan agak risih ngliat betapa rame rumah - rumah semi permanen di pinggiran waduk dan warna waduk nya yang menyeramkan (coklat kehitaman).

Setelah jalan 15menit, sampai lah gw di wilayah Angke. Di wilayah Angke, ada 2 tempat wisata (katanya), yakni Pelabuhan Muara Angke, dan Taman Margasatwa Angke. Pelabuhan Muara Angke merupakan pelabuhan nelayan, disini ada pasar ikan yang gede, restoran seafood yang ciamik, dan bandar kapal buat yang mau ke kepulauan seribu. Yak karena ini wilayah nelayan, kita bakal smell amis ikan dimana - mana. Nah, tujuan utama gw bukan ke pelabuhan muara angke tapi ke taman margasatwa muara angke. Well, gw sempet liat brosur tentang Taman margasatwa yang satu ini, dan keliatannya keren. Taman Margasatwa Angke adalah taman margasatwa yang menawarkan wisata kehidupan alam rawa.


Setelah muter2 di wilayah angke selatan (perbatasan dengan daerah Kapuk), gw bingung sendiri, karena kaga ada tanda-tanda Taman Margasatwa Angke. Udah muter 2 kali dan tetep aja gw kaga nemu. Akhirnya setelah lebih teliti dan telaten, gw nemu lah sebuah gerbang kecil dengan tempat parkir motor untuk 10 motor bertuliskan Balai Konservasi Pendidikan Margasatwa Angke. Inikah taman margasatwa angke ? atau bukan ? ya gw juga kurang yakin. Akhirnya gw parkir ke dalam, dan liat2. Di dekat tempat parkir, gw nemuin sebuah papan bertuliskan Taman Margasatwa Angke diresmikan oleh bla-bla-bla, dan disini gw yakin klo inilah Taman margasatwa Angke.

First impression yang gw rasain, it is osom. Keren karena disini benar - benar berasa suasana rawanya. Banyak tanaman rawa, bunyi jangkrik, ada air rawa dan ikan rawa, plus monyet yang bergelantungan di puun. tambah lagi ini tempat cukup friendly karena disini ada semacam jembatan terbuat dari kayu yang cukup untuk 2 orang, dan jembatan ini panjang dan menembus rindangnya rawa angke. Keren kan. Nah lucunya, di pintu masuk ini kaga ada petugas, so gw sempet ragu ini ada loket atau kaga. Gw celingak celinguk dan ah kaga ada petugas, yowes gw jalan lah masuk ke dalem. Gw nikmatin bau amis rawa, kicauan burung, jangkrik, dan monyet yang ngliatin di atas pager jembatan (5 ekor monyet). 

Baru jalan beberapa meter, ada sebuah rumah kayu dan disitu ada 4 orang bapak - bapak, dan terjadlah percakapan berikut :
Bapak A : mau kemana mas ?
Gw : mau jalan ke dalem pak.
Bapak B : udah ada izin blom ?
Gw : hah ? izin ?
Bapak A : iya klo mau masuk ke dalem harus ada izin dulu. 
Gw : oh. ini kaga gratis dan free buat umum ?
Bapak B : kaga lah mas. ini kan balai konservasi, buat penelitian dan pendidikan kaga buka buat umum. Kalo mau kesini ya perlu izin dulu ke dinas kehutanan. di depan kan ada tulisannya. Baca makanya.
Gw : oh bgitu pak.. oh ya udah. terima kasih infonya



jengjeng dan gw balik kanan bubar jalan grak. Disini gw agak kaget juga wah sebuah wisata alam yang perlu izin klo mau masuk that is new. seumur - umur gw ke tempat wisata alam, kaga pernah bgini, kecuali emang daerah khusus ya misal kepresidenan dan daerah private. Loh ini kan kaga private dan tertulis di wisata alam pesisir Jakarta Utara. 



Kemudian, gw ke parkiran dan liat tulisan yang katanya ada di depan. dan ketika gw cek emang ada lambang dinas pendidikan dan kehutanan disana. ah well, oke lah klo gitu. Sebelum gw pergi ke tempat selanjutnya gw sekali lagi mikir apakah ini emang taman margasatwa angke ? atau emang klo mau ke taman ini perlu izin ? 


6. Liat Waterboom dan Perumahan Elite, Kapuk
nah setelah agak bete dan bingung, akhirnya gw lanjutin perjalanan gw menuju ke arah barat, ke arah Kapuk. Well, Kapuk ini dulunya wilayah rawa yang kaga terawat dan kemudian tanahnya dibeli sama developer dan dibuatlah mall, dan perumahan elite berharga jutaan rupiah. Takjub ya, di kanan dan kiri banyak banget perumahan gedong dengan gaya arsitektur eropa plus puluhan mobil keren berjejer di depan rumahnya. Ketika gw tiba di dekat flyover menuju Bandara Soekarno Hatta, perhatian gw tertuju pada ujung jalan yang nun jauh disana ada sebuah pembangunan. Gw berhenti untuk nerawang dan liat satu iklan besar bertuliskan Rumah di Pulau. Wah ternyata itu adalah pembangunan perumahan elite di pulau buatan yang di buat beberapa kilo dari kapuk. Kebayang ya klo ada angin topan di laut, atau air pasang, atau gempa, pasti ribet penghuninya. ckckckcckck. Gw kaga sempet foto karena diomelin satpam yang nongkrong di ujung jembatan menuju pulau itu. yowes lah.

Next gw jalan dan jalan dan sampailah di gerbang salah satu wahana air terkenal di Jakarta dan Indonesia, Waterboom. Gw kaga masuk ke dalem ya lah sudah sore, dan lagian tiket masuknya agak mahal. Waterboom sendiri merupakan wahana air yang terdiri atas berbagai macem jenis permainan air, dari namanya slide, sampe ke kolam ombak. Kalo ada uang dan waktu yang lebih, cobain kemari. It ll be fun.


----------------------------------------
>> bersambung ke bagian 3 >>>>> 

No comments:

Post a Comment