Sunday 17 February 2013

Wisata Jakarta Utara (bag. 3)


INTRO
Well, gw coba menjelajah Jakarta Utara waktu itu. gw cabut dari kosan gw di Kuningan menuju wilayah Jakarta Utara dan muter - muter ke spot menarik yang gw temui di situs utara.jakarta.go.id .. oh ya selain itu, gw juga pernah liat promo terselubung wisata Jakarta Utara di salah satu beton penyangga di bawah flyover Cempaka Mas. monggo dicek klo lewat yak.

(Sambungan Bagian 1 & Bagian 2)
......................


7. Iseng main di Taman Margasatwa Kapuk

Gw terus muter - muter kaga jelas ke arah barat, pengen tau ujung dari kapuk ini dimana. Ketika mau ujung, gw nemu salah satu gedung besar yang belapis batu pualam dan bentuknya kaya gedung shaolin cina. gedung ini adalah tzu chi center. Denger - denger ini adalah gedung sekolahan dari TK sampe kuliah (?) dari suatu yayasan dari cina yang bikin cabang di Indonesia (cmiiw). Setelah melewati ini gedung raksasa, sampelah gw diujung jalan (hahaha), dan wow ternyata di ujung jalan ada sebuah taman margasatwa. Nama taman ini adalah Taman Margasatwa Kapuk. Gw belom pernah denger ini sebelumnya, jadi gw coba masuk ke dalam.


Disini gerbang taman nya gede cukup untuk 1 mobil, dan di pagar ada loket. Tiket masuk kesini bisa gw bilang agak mahal, hampir sama kyk ancol. Gw keluar uang sebesar Rp5000 untuk orang, dan Rp2000 untuk Motor. Ketika bayar, gw dikasih peta lokasi, dan beberapa informasi tentang taman margasatwa kapuk ini seperti biaya tiket masuk, biaya penginapan, biaya hiburan, dan event. Wow gw agak kaget juga ternyata di taman ini bisa dipake buat syuting (harganya 5juta / hari), dan ada cottage juga. Oh ya satu lagi, ketika masuk kesini, petugasnya bakal nanya apakah kita bawa kamera professional atau tidak. Usut punya usut, ternyata jika membawa kamera professional, kita dikenakan biaya tambahan 50rb. haa untung nya gw cuma bawa ipun dan bb tercinta saja, so free of charged/gratis.


Taman Margasatwa Kapuk ternyata dikelola oleh Dinas Kehutanan dan juga Pihak bandara soetta dan developer perumahan Kapuk juga (pantes mahil cuy). Disini kita bisa liat banyak pohon rawa plus informasi nya, mangrove yang kaya akan binatang rawa seperti kepiting, ular, monyet, dan burung. Selain itu, di dalam margasatwa kapuk ini juga terdapar Weather Station dan merupakan jalur ILS runway 27 Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. Trus di sini juga terdapat cottage, dan perkemahan yang harganya cukup mahil.


First Impression gw ketika kesini, Keren. Tempatnya bener - bener rapi, tertata baik, dan enak buat berwisata (ya sesuai dengan harganya). Di bagian depan, beberapa meter dari pintu masuk ada tempat parkir mobil, dan motor. Kemudian ada masjid juga disini. Agak daleman dikit di sebelah kiri ada weather station nya bandara soekarno hatta. weather station atau semacem radar ILS, gw kurang apal juga. yang pasti ini dipake buat bandara soetta. FYI nih, wilayah margasatwa ini merupakan jalur ILS pesawat yang mau landing/takeoff di runway 27. Jadi jangan heran klo banyak pesawat mondar mandir hampir 2 menit sekali disini, which is really osom! Di sebelah kanan ada jalan setapak menuju tempat mangrove.


Selama perjalanan di kiri dan kanan ada beberapa cottage yang gw bilang di atas. Cottage dengan teras dan kyknya sih lengkap isinya dan ada AC nya. Disisi jalan juga terdapat banyak pohon rawa plus informasi nama pohonnya which is good buat nambah pengetahuan. Agak ke dalam dikit, ada sebuah gubuk yang ternyata tempat penyewaaan perahu kayu, dan perahu motor. Tarif sewa nya 50rb - 200rb-an. Nah waktu gw kesini, di gubuk ini lagi ada pemotretan prewedding loh. ahaha view rawa yang menarik dan rindang, tapi kaga berbau amis emang jadi daya tarik tersendiri buat orang2. makanya ada foto prewed disini juga.




Sebagai taman margasatwa, ya jelas fitur utama nya adalah wisata alam. Nah selepas cottage dan gubuk penyewaan kapal, mulailah tur margasatwa nya. Disini kita menelusuri jalan setapak dibuat dari kayu menjelajah menembus hutan2 rawa. di kiri kanan banyak tanaman rawa, dan banyak hewan seperti kadal, kepiting, dan ular. Kemudian, di salah satu bagian ada jembatan kayu yang membelah rawa. Sunset kliatan bagus loh dari sini, sayang waktu itu agak mendung jadi sunset nya minimalis. Daerah penjelajahan di margasatwa ini cukup luas, karena gw ngabisin waktu hampir 30 menit muter muter disini. Fun ? Yes. Tired ? Yes. Satisfied ? Yes. Wah ini margasatwa bener - bener menarik buat di jelajah. Gw bener - bener rekomended taman wisata ini. Oh saran gw jangan dateng kesorean dan pastiin bawa lotion anti nyamuk karena nyamuknya cukup dahsyat disini. Oh satu lagi, bawa minuman sendiri karena disini kaga ada jualan minuman dan makanan.




Karena udah sore, akhirnya perjalanan gw menelusuri wisata di Jakarta Utara berakhir sudah. Padahal masih ada beberapa tempat wisata yang belum gw kunjungi seperti Museum Tokoh Jakarta si Pitung di daerah Koja, Kompleks Islami Center di Koja, Wisata belanja Mangga Dua, dan Taman Rekreasi Ancol. Well maybe next time gw bakal lanjut explore tempat - tempat ini yak.



------

Ok, mari kita recap perjalanan wisata Jakarta Utara gw :
Wisata di Jakarta Utara yang gw kunjungi adalah wisata kuliner di Gading Boulevard, wisata alam di Danau Sunter, Taman Margasatwa Angke, dan Taman Margasatwa Kapuk, dan wisata budaya di Museum Bahari, dan Pelabuhan Sunda Kelapa.


Gw sempet kaget dan kecewa untuk beberapa wisata di Jakarta Utara. Museum bahari yang begitu begitu, Pelabuhan Sunda Kelapa yang biasa saja, dan Taman Margasatwa Angke yang sebenarnya keren tapi butuh perizinan. Well, gw sangat menyangkan pihak yang terkait seperti Dinas Pariwisata dan Pemkot Jakarta Utara sendiri yang terlihat setengah - setengah membangun wisata alamnya. Padahal menurut gw, potensi wisata Jakarta Utara itu unik karena di daerah Jakarta lain, tidak ada yang seperti itu.



Yup terakhir, mudah - mudahan pihak yang terkait dapat memaksimalkan wisata di Jakarta Utara. Selain itu, akses menuju tempat wisata juga tolong diperhatikan dan dipermudah. Banyak orang mengunjungi tempat wisata, makin besar donk pendapatan daerah nya, dan makin populer juga Jakarta Utara.



---

adios.
talking introvert

1 comment:

  1. Indah Tempatnya, bagus banget buat refreshing Wisata Alam & dijadikan tempat Hangout

    ReplyDelete